Wednesday, December 4, 2013

Food: Tumis Labu Siam

Hello...!!

Lagi-lagi aku mau berbagi resep masakan yang gampang dengan bumbu yang minimal namun rasa yang maksimal. Kali ini resepnya adalah Tumis Labu Siam. Awalnya tertarik membuat ini adalah waktu aku main ke rumah saudara si embak di rumahnya bikin tumis labu siam untuk makan siang dan ternyata enak juga ya!! Biasanya aku kalau makan labu siam itu cuma di sayur asem atau sayur lodeh soalnya, mentok-mentok juga direbus buat lalapan. Ternyata labu siam kalau dibuat sayur tumis rasanya manis dan renyah ya. Walhasil sepulangnya ke rumah aku cuss dulu sebentar ke Superindo.

Bahan-Bahan:
- Labu Siam (1)
- Bawang Putih (3)
- Daging Sapi Cincang (50 gr)

Bumbu-Bumbu:
- Garam
- Lada Hitam
- Gula

Cara Membuat:
1. Potong labu siam tipis-tipis halus seperti korek api. Sebelum dikupas dan dipotong-potong sebaiknya potong dulu ujung labu siam lalu digosok-gosok untuk mengeluarkan getahnya.
2. Kira-kira ambil 3 butir bawang putih lalu dirajang halus.
3. Panaskan minyak goreng.
4. Masukkan bawang putih lalu tumis sampai harum.
5. Masukkan daging cincang, tumis sampai berubah warna.
6. Masukkan labu siam.
7. Masukkan bumbu-bumbu dan kali ini aku menggunakan lada hitam tapi kalau tidak ada lada putih biasa juga gpp. Untuk berapa banyaknya garam dan lada aku biasanya cuma kira-kira aja tapi biasanya sedikit demi sedikit sambil dicicip gitu. Kalau gula hanya untuk penyedap rasa jadi jangan banyak-banyak kira-kira 3/4 sdt lah.
8. Tambahkan sedikit air sekitar 50cc.
9. Tumis sampai labu siamnya cukup lemas namun masih renyah (kontradiktif ya? Pokoknya diicip dulu aja lah tumisannya hihi).
10. Sajikan diatas nasi. Yummmm....


Bikin segini banyak habis sekali makan. Rupanya adeku sedang lapar... Tapi kapan ya makan dia gag banyak??





Add me on your list  ^^


or Maybe Visit My Online Shop 

4 comments:

  1. ini aku juga suka banget.. hehehe
    kadang labu nya diganti pepaya muda itu loh, hehehe
    kalo pepaya rasanya lebih renyah :D

    ReplyDelete
  2. kalo aku, berhubung anak kost dan anggaran terbatas. bikin tumis labu siam dengan bahan dan bumbu sederhana.Ini resep tumis labu siam versi aku

    Labu siam potong korek api
    Bawang merah
    bawang putih
    cabe rawit
    garam dan gula pasir buat penyedap.

    Enak deh kalo makannya sama udang rebon yang di goreng kering

    ReplyDelete

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^