Monday, March 3, 2014

Sekar's Acne 101: Part One

Heidy Ho...!!

Udah lumayan lama juga aku tidak berbagi artikel maupun tips-tips ya? Apalagi yang berhubungan dengan yang namanya J.E.R.A.W.A.T!! Buat para reader yang sering mampir ke blog ini mungkin sudah cukup familiar ya kalau aku itu punya masalah dengan yang namanya "Adult Acne" atau jerawat pada orang dewasa. Kalau masih ABG atau remaja sih yang namanya jerawat lebih bisa dimaklumi karena memang sedang dalam masa pertumbuhan dan hormonnya sedang tidak stabil namun bagi orang dewasa masalah "Adult Acne" ini cukup membuat stres dan bahkan mungkin depresi termasuk aku sendiri tentunya. Perlu diperhatikan juga bahwa untuk mencapai kulit yang bersih dan bebas dari jerawat tentunya bukan hal yang mudah bagi diriku dan tidak ada yang namanya INSTANT!! Banyak yang nanya ke aku wah kulitmu kok bersih pake apa? Setelah kujelaskan macam-macam langkah dan ritualku ehh orangnya melengos pergi... Dikiranya waktu ditanya pake apa jawabanku mungkin cuma "Ooohh aku pake produk A"... Errr.... Itu juga yang aku pikir pada saat itu namun kenyataan berkata lain saudara-saudara....

Nah kali ini aku mau berbagi tentang macam-macam tips, ritual dan hal-hal yang menjadi perhatianku dalam melawan jerawat dan memperoleh kulit yang lebih bersih namun perlu diperhatikan juga bahwa ini adalah hal-hal yang "AKU" lakukan ya. Yang cocok di aku mungkin belum tentu cocok di kamu tapi setidaknya artikel ini bisa menjadi panduan bagi kamu-kamu yang memiliki masalah yang sama dengan aku. Oh ya.. Sebelum masuk ke pembahasan utama aku mau cerita dulu soal profil kulitku

Normal-Kombinasi:
Apa itu jenis normal-kombinasi? Maksudnya adalah jenis kulitku itu cenderung lebih berminyak di daerah T dan normal di daerah yang lain. Dulunya malah lebih menyebalkan loh.. Berminyak di daerah T, kering kerontang di daerah U (garis rahang) dan normal di daerah lain. Sumpah itu stressnya ampun-ampunan.

Sensitif:
Udah kulitnya kombinasi, kulit aku juga termasuk sensitif yaitu kalau suatu produk tidak cocok di aku biasanya suka timbul reaksi seperti kemerahan dan perih. Untuk reaksi ini biasanya sih suka berbeda-beda tiap orang. Ada yang merah saja, perih saja, beruntusan etc. Yang tau soal kulit kita kan ya kita sendiri bukan tetangga ya? he he he

Acne-Prone:
Maksud dari acne-prone adalah kulitku itu mudah sekali berjerawat. Jadi salah makan sesuatu bisa jerawatan, enggak cocok skin care ya jerawatan, enggak cocok air bisa jerawatan juga, kena debu jerawatan yaahh pokoknya macam-macam hal dan situasi bisa menimbulkan jerawat.

Nah begitulah kira-kira sejumput penjelasan mengenai jenis kulitku dan sekarang lanjut yuukk ke topik utama...Oh ya berhubung aku bakalan membahas banyaaakkkkkkk banngeetttttttt artikel ini aku bagi menjadi beberapa bagian ya.

1. Pembersih Wajah
Untuk pembersih wajah terkadang merupakan dilema buatku, pembersih wajah yang bisa cepat mengeringkan jerawat cenderung membuat kulitku iritasi dan pembersih wajah yang "gentle" di kulit tidak membuat iritasi tentunya tapi jerawatnya jadi luammaaa hilangnya #nangisdipojokan. Solusinya adalah aku menggunakan dua macam pembersih wajah yaitu satu yang lebih joss untuk saat berjerawat dan satu yang lebih "gentle" saat muka lagi adem ayem. Selain itu aku juga selalu memastikan kalau pembersih wajah sudah benar-benar bersih dibilas dari wajahku karena kalau ada sisa-sisa pembersih yang biasanya suka menempel di daerah garis rambut itu bisa menimbulkan jerawat juga loh...

Rekomendasi:
- The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Cleanser atau Gluta-C Intense Whitening Soap (saat jerawatan)
- Cetaphil Gentle Skin Cleanser (saat adem ayem)

2. Bersihkan Wajah 2x Sehari Saja
Maksud dari membersihkan wajah 2x sehari saja itu adalah ritual membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah. Biasanya cukup aku lakukan di pagi dan malam hari saja sedangkan kalau saat muka terasa kotor dan lengket biasanya aku hanya membilas dengan air atau menggunakan susu pembersih. Dulu kupikir rajin bersihin muka pasti malah aman karena kulitnya bersih terus tapi ternyata malah jadi kering dan memicu produksi minyak dan malah jadinya komedoan #nangisbombaylagidipojokan.

3. Eksfoliasi
Berhubung kulitku lumayan sensitif untuk proses eksfoliasi juga harus hati-hati. Kalau butiran scrubnya terlalu besar dan kasar malah bisa iritasi jadi biasanya aku menggunakan sugar scrub atau baking soda. Lha baking soda? Iya baking soda yang beli di toko kue itu. Baking soda ya bukan baking powder!! Butiran baking soda itu halus banget dan cukup untuk menghaluskan wajahku tanpa iritasi walaupun enggak bisa sering-sering juga karena kulitku jadi kering nantinya. Untuk sugar scrub terkadang aku suka buat sendiri (banyak kok resepnya coba google "DIY Facial Sugar Scrub") atau bisa juga beli. Selain sugar scrub atau baking soda kalau kepingin ganti mood sekali-sekali aku cari produk scrub yang tulisannya kira-kira seperti "Daily Exfoliating Scrub" atau "Daily Scrub" karena produk dengan tulisan seperti itu biasanya butiran scrubnya halus dan cukup aman untuk kulitku.

Rekomendasi:
- Baking Soda (beli di toko kue / supermarket / pasar)
- DIY Sugar Scrub atau kalau malas buat bisa coba The Skinfood Black Sugar Mask Wash Off atau O'Slee Honey Sugar Mask butiran dari sugar scrub ini lama kelamaan meleleh dan bisa sekaligus dijadikan masker. One of my favorite sugar scrub ever!!!
- Daily Scrub (Neutrogena Blackhead Eliminating Daily Scrub atau Clean and Clear Blackhead Clearing Daily Scrub).

4. Hindari Produk Yang Terlalu Membuat Kulit Kering
Maksudnya adalah produk-produk yang diperuntukkan untuk melawan jerawat itu biasanya cenderung membuat kulit kering dan biasanya karena ingin jerawatnya cepet hilang produk-produk seperti itu cenderung dipakai berlebihan dan akhirnya malah membuat kulit kering dan tentunya memicu produksi minyak berlebih yang ujung-ujungnya malah bikin jerawatan lagi #awaskalonangisdipojokanya. Aku biasanya menghindari produk yang banyak menggunakan alkohol / astringent karena selain membuat kulitku kering, kulitku juga sensitif jadinya produk seperti itu juga bisa membuat kulitku perih dan iritasi. Untuk pelembab aku juga memilih yang berjenis oil-free.

5. Salicylic Acid and Nicotinamide is My BFF
Untuk jerawat produk yang mengandung Benzoyl Peroxide memang yang paling joss unuk jerawat, cuman masalahnya kalau terlalu sering memakai produk itu kulitku pasti perih, iritasi, merah-merah dan sedikit terkelupas. Ujung-ujungnya jerawat udah kering dari kapan tahu ehhh merah-merah iritasi dan segala macamnya itu  masih awet bertahan di kulit. Produk yang mengandung Salicylic Acid atau Nicotinamide lebih ramah dengan kulitku meskipun hasilnya tidak secepat Benzoyl Peroxide tapi produk ini bisa aku pakai setiap hari dan bahkan bisa aku campur juga di dalam pelembab / sunblock untuk mencegah jerawat.

Rekomendasi:
- Salicylic Acid: Pond's Overnight Pimple Gel
- Nicotinamide: Niacef Gel

6. Bersih-Bersih Alat Make-Up
Muka udah bersih ehh masak alat make-up pada kotor semua!?!?? Bisa menyimpan bakteri donk ya? Untuk kuas make-up biasanya aku bersihkan sekitar dua minggu sekali dan untuk spons make-up aku bersihkan sekitar seminggu sekali. Tapi bukan berarti setiap habis pakai tidak aku bersihkan loh, tiap habis pakai biasanya aku bersihkan dengan spot cleanser. Kalau mau liat ritual bersih-bersih alat make-up dan DIY Spot Cleanser ala aku bisa mampir ke post ini.

7. Pilih-Pilih Make-Up
Untuk yang satu ini jujur aja aku masih suka sering kemakan iklan dan review-review yang penuh racun dimana-mana. Untuk pilihan make-up setelah baca kesana kemari katanya make-up dengan jenis Mineral Based Make-Up itu lebih cocok untuk kulit yang acne-prone tapi dari beberapa jenis Mineral Make-Up yang aku coba ternyata aku malah makin berjerawat ria. Jadi kalau untuk yang ingin mencoba Mineral Make-Up bisa jadi bahan pertimbangan juga kalau kulitnya mudah jerawat jenis Mineral Make-Up belum tentu pasti tidak akan menimbulkan jerawat.

8. Perhatikan Jari!!
Maksudnya apa? Maksudnya adalah aku selalu mencoba menghindari untuk mencuil-cuil jerawat atau memegang-megang daerah wajah dengan tangan. Emang yang satu ini suussaaahhhh banget dilakukan, kalau ada jerawat baru bawaannya kepingin langsung dipencet ato dikuwik-kuwik (apaan sih?!?!?)... Yah biarpun tidak selalu sukses untuk menahan godaan kuwik-kuwik jerawat tapi minimal aku selalu berusahan menahan diri.

9. Rambut
Berhubung rambutku panjang kalau di rumah aku cenderung suka menjepit rambut supaya tidak terlalu sering menyentuh kulit. Bukan cuma kulit wajah loh ya.. Rambut kan juga bisa kotor dan kalau sering-sering nempel di wajah / leher / punggung bisa menimbulkan jerawat di daerah yang sering terpapar si rambut itu.

10. Keramas
Apa lagi hubungannya keramas sama jerawat? Dulu aku suka jerawatan di bagian garis rambut, dahi, pelipis, leher atau punggung. Nah setelah bersihkan wajah aku udah pasti nih kalau wajahnya bersih dari pembersih yang belum aku perhatikan adalah mungkin aku kurang membersihkan rambut dengan benar saat keramas dan masih ada sisa-sisa produk yang belum bersih dari rambut. Sisa-sisa produk tersebut bisa memicu jerawat juga ternyata... Jadi sekarang kalau mau mandi dan keramas aku keramas dulu kemudian bilas rambut sampai benar-benar bersih, keringkan rambut dengan handuk, dijepit kemudian baru aku mandi. Agak ribet emang cuma jerawat di bagian garis rambut, leher dan punggung itu lebih susah hilangnya jadi daripada ribet belakangan mendingan ribet di depan deh.

11. Pelembab
Pilihan pelembab yang salah juga bisa menimbulkan jerawat loh. Untuk pelembab aku memilih pelembab yang ringan dan memakainya tidak terlalu banyak, karena pelembab yang ringan pun kalau aku pakainya terlalu banyak malah bisa membuat jerawatan. Biasanya aku memakai pelembab langsung setelah toner saat wajahku masih dalam kondisi yang lembab supaya pakainya tidak kebanyakan.

Rekomendasi:
Papulex Oil Free Cream

12. Makan Dengan Baik
Biasanya kalau terlalu banyak jajan di luar, makan fast food atau beli makanan kaki lima pasti kulitku bakalan sering jerawatan deh.  Jadi sebisa mungkin aku mengurangi jajan dan masak di rumah.. Awalnya lumayan berat tapi lama-lama terbiasa juga. Plus kalau aku masak sendiri aku bisa mengganti minyak yang digunakan dengan minyak yang lebih sehat seperti Olive Oil, Rice Bran Oil atau Sunflower Seed Oil. Harganya memang lebih mahal daripada Palm Oil tapi manfaatnya sudah tidak diragukan lagi kok.

13. Minum Air
Ini udah standar banget sebetulnya tapi minum air yang banyak itu memang susah karena Coca Cola, Fanta, Sirup etc itu rasanya jelas lebih enak ya daripada air putih. Untuk mendorong diri minum air putih lebih banyak biasanya aku meminum infused water karena selain dapat manfaat dari air itu sendiri aku bisa dapat tambahan manfaat vitamin dari buah-buahan yang aku gunakan untuk membuat infused water. Infused water favoritku itu adalah Lemon dan Strawberry, selain itu ada macam-macam resep lainnya disini.

14. Alergi
Reaksi alergi terhadap makanan tidak hanya muncul dalam bentuk gatal-gatal, dalam kasusku selain gatal atau bentol-bentol terkadang juga bisa muncul jerawat loh... Jadi aku memperhatikan jenis makanan apa yang bisa menimbulkan reaksi alergi dan rajin mengkonsumsi sayur-sayuran. Selain itu aku memang lebih suka sayuran sih untuk makanan sehari-hari, bikinnya gampang dan cepat sih ^^.

15. PMS
Kalau sudah mau waktunya tamu bulanan pasti aku jerawatan enggak karu-karuan. Untuk mengurangi banyaknya jerawat yang muncul biasanya beberapa hari sebelumnya aku sudah mempersiapkan diri dengan makan makanan yang sehat dan mengurangi makanan yang diproses dan mengandung banyak gula. Jerawat memang tetap muncul tapi minimal jumlah dan keganasannya bisa dikurangi.

P.S: Kalau kamu pria abaikan saja yang nomor 15 ini he he he

Stop sampai disini dulu ya... Nanti kalau kebanyakan keburu malas sendiri bacanya #LOL.... See you on the next post!!!







Add me on your list  ^^


or maybe visit my Shop 

13 comments:

  1. Aku juga kurang suka sama produk yang ada benzoylnya. Mukaku jadi kering T_T
    Emang kalo cleanser yang buat jerawat rata2 bikin kering ya sekar
    Nice post sai. Menunggu lanjutannya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang dilema make pembersih wajah khusus jerawat, makanya aku enggak pake terus2an

      Delete
  2. Ditunggu lanjutannya ^^ Nice Post dear..
    jenis kulit kita tebilang sama.. Huaauauau.. Sensi abis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jenis kulit kita emang bikin stress yah (TAT)

      Delete
  3. Hi sekar.. salam kenal..
    mari toss.. kulit q hampir sejenis ama km, kombinasi tp gampang kering dan sensitif untungnya aq gak acne prone jg hehe
    aq jg ngalamin pusing mlh pelembab & pembersih! krn klo gak cocok lgsg bruntusan T_T
    Aku jrg berjerawat biasanya klo stress, muka kotor, atau kena produk asing aja lgsg alergi trs brjerawat
    Walaupun gitu tapi yang plg nyebelin itu bekasnya yg lamaaaaa bgt ilangnya hiks
    Apa gr2 kulit q kering y.. trs aku jg ak suka minum air putih n makan sayur >_<
    Sukanya uwik uwik jerawatan :P
    trs klo udah item2 aja baru mewek T_T
    haha mari bergandengan menghadapi jerawat dan antek2nya bersama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekas jerawat memang lama hilangnya karena nodanya itu sampai beberapa lapis kulit (setidaknya begitu kata dokter kulitku). Mari kita bersama-sama melawan jerawat!!

      Delete

  4. Aku cobain macem2 obat jerawat gaada yang beneran bagus bgt kerjanya di aku, meski pake benzoyl juga ga ngefek.. kayanya udah kebal bgt, padahal gapernah pake dokter kulit:( Oya baca comment di atas kalo buat ilangin bekas hg ku : serum OST vit c20, history of whoo seol whitening intensive atau CNI nutrimoist. kalo udah telaten bekas baru bisa ilang kurang dr seminggu :) siapa tau bisa cocok juga, hehe..
    btw aku udah dr dulu ngikutin blog nya, tapi cuma jadi silent reader aja biasanya, post nya very helpful^^

    ReplyDelete
  5. Hi..salam kenal yaa..kulit muka aku kayak kamu gitu di daerah T oily banget yg lainya normal. Sekarang lagi pake product anti jerawat fw nya jugs utk anti jerawat alhasil mukaku berass keriiiiiinngg terkelupas dll. Aku masih bingung mau ganti fw apa yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa dikurangi frekuensinya. Jangan sehari 2x pagi dan malam tapi malam hari aja supaya wajah tidak terlalu kering. Untuk pagi bisa dipakai yang lebih ringan atau sabun bayi mungkin.

      Delete
  6. Oiya kak , emang kalo pake baking powder kenapa ? kan sama dari sodium bikarbonat kak ? thx kaak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda itu sodium bikarbonat murni sedangkan baking powder itu isinya 1/3 banking soda dan 2/3 bahan lain berupa acidifying agent (o.e cream of tartar), dan drying agent (i.e tepung kanji/maizena). Kalau mau menggunakan baking powder use it at your own risk ya. Yang saya gunakan adalah Baking Soda dan bukan Baking Powder. Selebihya bisa coba google mungkin

      Delete
  7. Kak kulit aku kombinasi, tapi kalo pake cream/bb cream siang hari, jadinya berminyak. Padahal kalo sering cuci muka pake sabun pembersih, bisa kering bgt sampe ngelupas2 kulitku. Jarang bgt jerawatan (kalopun jerawatan paling pas muncul jerawat kecil lgsg aku pites pake jari dan ga jd bersemi jerawatnya hha). Jadi sampe sekarang aku masih bingung jenis kulitku normal-kombinasi atau berminyak.
    Nah kemarin2 aku pake serum vit c dan pelembab ponds gel dewy rose, malah bikin mukaku super kusam, beruntusan di daerah kening dan jerawat beberapa di pipi ke bawah. saran skincare buat aku dong ka, biar muka ku balik mulus lagi :')
    thanks ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terlalu sering cuci muka bisa membuat kulit kering dan justru akan memicu produksi sebum yang tidak diinginkan say... Nantinya malah memicu jerawat juga. Untuk skin care yang bagus atau tidak tergantung individu masing2 yang mampu mengenali jenis kulitnya sendiri.

      (hehehe gag bantu ya??) Intinya kamu juga harus perhatian sama kondisi kulit kamu. Butuh waktu dan kesabaran memang sih...

      Delete

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^