Tuesday, February 28, 2012

DIY Apple Cider Vinegar and Rose Water Toner for Acne Prone Skin


Sudah lama nih diriku berperang melawan yang namanya jerawat dan udah nyoba pula macam2 produk sampai akhirnya sekarang mencoba produk-produk yang lebih alami seperti olive oil, coconut oil, etc....
Kali ini aku mau bagi-bagi resep homemade toner buat yang kulitnya acne prone seperti aku, apalagi kulitku juga gag bisa make toner-tonet yang beredar di pasaran yang mengandung alkohol karena bikin kulitku super kering dan iritasi. Ada banyak sih resep-resep homemade toner yang tersedia di internet tapi aku lebih suka yang ini karena bahannya cukup mudah didapat dan multi fungsi, selain itu tonernya tidak perlu disimpan di kulkas berhubung diriku adalah anak kost.

Bahan-Bahannya:
- Cuka Apel
- Air Mawar
- Container

Cara Buat:
Campurkan 1/3 bagian cuka apel dan 2/3 bagian air mawar.


Campuran tonerku kusimpan dalam botol minum kecil lucu ini dan bisa bertahan sampai sekitar 1 bulan lebih, buat yang tinggal di rumah sendiri bisa disimpan di kulkas supaya kalau pas dipake ada sensasi dingin gitu he he. Toner ini kupakai setiap pagi dan malam serta setelah membersihkan wajah, cukup dioleskan ke wajah dengan menggunakan kapas. Sisa toner yang masih ada di kapas biasanya kuoleskan ke punggung untuk membantu meredakan jerawat punggung (backne)

Air Mawar
Selain sebagai aromaterapi karena baunya harum, air mawar dapat merangsang pertumbuhan kulit. Aku beli air mawar ini di pasar beringharjo bagian spa-spa tuh. Selain itu air mawar yang dibeli di beringharjo tidak mengandung alkohol seperti yang dijual di supermarket. Selain sebagai campuran untuk membuat toner aku juga make air mawar ini untuk campuran masker wajah.

Air mawar memiliki komposisi kimia yang kompleks karena mengandung lebih dari 300 bahan kimia, komposisi yang bekerja sebagai obat jerawat alami adalah Fenil Etanol dan Eugenol. Fenil etanol adalah agen antiseptik alami dan disinfektan, sedangkan Eugenol berfungsi sebagai agen anti-mikroba dan astringent yang efektif. Kedua zat kimia secara efektif digunakan untuk menyembuhkan jerawat dan lainnya. Penyebab utama jerawat adalah kelebihan produksi sebum, yang menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri yang memproduksi jerawat. Sifat-sifat anti-mikroba dan antiseptik dari air mawar membunuh bakteri memproduksi jerawat, sehingga membersihkan kulit dan juga mencegah munculnya jerawat.

Di Jogja air mawar bisa dibeli di toko kosmetik seperti Mutiara atau di pasar beringharjo di daerah yang menjual jamu-jamu dan perlengkapan spa.

air mawar


Cuka Apel:
Cuka apel sudah banyak digunakan untuk kesehatan dan kecantikan , untuk aku lebih sering kugunakan sebagai campuran toner, dan bilasan terakhir saat keramas. Cuka apel berfungsi untuk jerawat karena dapat menyeimbangkan level pH kilit kita. Cuka apel ini kugunakan untuk berbagai macam, misalnya untuk campuran toner 1/3 dari ukuran botol dan untuk bilasan keramas aku pake sekitar 3 sendok makan di dalam gayung. Banyak juga yang meminum cuka apel ini tapi untuk aku sendiri jarang karena suka lupa dan rasanya gag enak. Untuk diminum 2-3 sendok makan dicampur dalam segelas air bisa dicampur madu dan jangan lupa kumur2 lagi karena cuka bersifat asam dan dapat merusak enamel gigi. Untuk jerawat punggung aku taro sedikit cuka apel di kapas atau di dalam botol spray kecil dan tinggal dioles atau disemprot ke punggung. Untuk penggunaan tanpa dicampur lebih baik saat malam karena baunya gag enakkkk!!

Cuka apel merupakan agen pelawan bakteri alami yang efektif  dan mengandung banyak mineral dan elemen penting kalium, kalsium, magnesium, fosfor, klor, natrium, belerang, tembaga, silikon besi, dan fluor yang vital untuk kesehatan tubuh. Macam2 manfaat cuka apel seperti:

  • Mengurangi infeksi sinus dan sakit tenggorokan
  • Kolesterol tinggi
  • Menyembuhkan kondisi kulit seperti jerawat
  • Melindungi terhadap keracunan makanan
  • Mengatasi alergi pada manusia dan hewan
  • Mencegah kelelahan otot setelah latihan
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Meningkatkan stamina
  • Meningkatkan metabolisme yang mendukung penurunan berat badan
  • Meningkatkan pencernaan dan menyembuhkan sembelit
  • Mengurangi gejala rematik dan asam urat
  • Mencegah kencing batu dan infeksi saluran kemih



Cuka apel yang aku pake kubeli di supermarket lokal aja, tadinya beli ukuran kecil tapi sekarang aku beli yang ukuran 1 liter biar lebih awet. Kalau di Jogja biasa beli di Carrefour, Superindo dan Mirota Kampus.


Sumber:

http://www.myacnetreatmentreview.com/rose-water-natural-acne-cures/
http://www.acneinreview.com/rosewater-a-natural-cure-for-acne/
http://www.acne.org/messageboard/index.php/topic/108428-apple-cider-vinegar/

Thank's for coming by.
Comments R' Loved.
Follow me if You Like.
Hugs N' Kisses!!

4 comments:

  1. baru tau ada air mawar tradisional...hehehe...
    di bringharjo yg samping2 nya itu ya..yg jual kelopak2 mawar gitu kan...:D
    mauuu beli aah..<3

    ReplyDelete
  2. ehh kmu di jogja ya? Di bagian yg jual jejamuan gitu say, kayak daun jati cina dkk itu. Kalo masuk dari depan (malioboro) kmu nyebrang ke bagian belakang, bukan di bagian baju-baju batik.

    ReplyDelete
  3. halo sis, salam kenal. aku juga sama kulitnya sensitif, kombinasi,jerawatan. Pernah denger sih si cuka apel itu ampuh, pernah denger merek tahesta gak, dulku rutin minum pas kuliah karna punya magh, sekarang gak pernah nemu lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuka apel tahesta suka liat di toko oleh2 waktu aku pulang ke Jember he he he

      Delete

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^