Thursday, July 25, 2013

Saran Perawatan Kulit Untuk Cowok

♪。+。(☆´I`)」【。゚+.нёllо。゚+.】L(´I`★)。+.。♪
  
Sejak aku mulai ngeblog tentang berbagai pengalamanku mengatasi jerawat yang sedihnya tetap masih terus berperang sampai sekarang (/TДT)/. Aku mulai sering mendapat pertanyaan dari para reader cowok tentang perihal kulit mereka. Sebetulnya sih aku bukan ahli kulit atau apa gitu dan saran yang aku kasih ke mereka hanya berdasarkan apa yang aku sendiri lakukan. Kali-kali aja gitu mereka tidak cocok trus komplain ke aku. Bisa gawat tuh ☆≡(>。<). Tapi untungnya sampai sekarang masih aman-aman saja dan malah karena ada yang sukses sampai minta ritual perawatan wajahku dari pagi sampe malam. Hi hi hi gag kebayang pula aku ada cowok dari pagi udah cuci muka, pake toner, pake essence / serum, trus lanjut emulsion dan sunblock dijamin dia harus bangun lebih pagi dari biasanya hi hi hi....

Aku sendiri juga punya ade cowok dan dia sendiri juga cukup perduli sama wajahnya. Bukannya mau sok gaya apa gimana tapi demi menunjang penampilan dan rasa percaya diri aja. Perduli dengan kondisi kulit bukan untuk cewek aja tapi cowok juga perlu. Selain itu cowok lebih sering terpapar cuaca dan lingkungan jadi kulit mereka tentunya akan lebih cepat menua dibanding cewek. Selain itu beberapa tips dan saran untuk mengatasi jerawatku itu aku dapat dari adeku loh. Kok bisa?? Ya bisa soalnya sekarang dia sedang dalam masa studi untuk menjadi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin he he he gpp yak numpang pamer dikit. Jadi segala masalah kulitku selalu aku konsultasikan ke dia. Nah... Saran-saran yang aku bagikan disini adalah hal-hal yang dia sendiri lakukan dan hasilnya sangat kelihatan loh. Tadinya dia jerawatan banget dan malas-malasan hihihi tapi setelah kakaknya sukses dengan saran-saran dia akhirnya lebih rajin lah anaknya dan mukanya sudah jauh lebih bersih. Bahkan lebih cepet bersihnya dibanding aku huks huks. Waktu aku tanya kenapa dia lebih cepet bersihnya kata dia "Ya iyalah aku kan enggak pake kosmetik kayak mbak Sekar". He he he intinya kalau mau kulitnya lebih cepet bagus aku harus stop sama sekali pake perlenongan dan pastinya itu GAG MUNGKIN!!!

Oh ya sedikit info mengenai jenis kulit adeku. Kulit dia cenderung berminyak dan acne prone kayak aku, namun bedanya selain kombinasi normal-berminyak dan acne prone kulitku juga sensitif. Jadi masih mendingan kulit dia lah intinya. Kulit dia juga lebih gelap dari aku jadi kalo ada bekas jerawat jauh lebih cepat pudar dibanding aku. Hiks hiks nangis lagi dehh!! (T^T)(^T )(T )( )( T)( T^)(T^T). Jadi... Post ini aku buat berdasarkan pengalam dia ditambah sedikit saran dari yang aku lakukan sendiri yang kira-kira bisa dilakukan oleh cowok yang gag mau repot. Here we go!!


1. Cuci muka 2x sehari
Adeku mencuci mukanya 2x sehari di pagi dan malam hari saja. Sisanya kalau wajah dia terasa kotor cukup dibilas dengan air biasa saja tanpa menggunakan sabun pembersih wajah.

2. Pilih sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.
Tips ini sepertinya standar tapi sering dihiraukan loh. Apalagi sekarang banyak produk pembersih wajah yang disesuaikan untuk pria jadi tidak perlu bingung lagi. Bagi yang kulitnya berminyak dan acne prone bisa cari yang mengandung tea tree atau salicylic acid. Pembersih wajah yang dipakai adeku didapat dari dokter kulit jadinya gag bisa share merknya, tapi aku beliin dia The Skinfood Tea Tree and Lavender Facial Wash nanti dilihat hasilnya setelah dia mulai pakai.

3. Pakai tabir surya
Pakai tabir surya atau sunblock itu wajib hukumnya buat dia. Tiap hari dia naik motor kemana-mana bayangin aja paparan sinar UV pastinya cukup lumayan. Bukannya takut hitam loh ya, tapi sebagai pencegahan terhadap kanker kulit. Sunblock yang dipakai juga ada dua yaitu sunblock untuk wajah dan badan. Untuk wajah dipakai dari pagi sampai siang dan harus dioleskan kembali selang beberapa jam pada wajah yang bersih (biasanya sekitar 2-3 jam sekali tergantung paparan). Tapi dibersihkannya hanya dengan air saja lalu kemudian mengoleskan sunblock kembali. Sunblock yang biasa dia pakai itu Parasol dan belinya di apotik. Oh ya karena kulit dia acne prone dia sering mencampur sedikit obat jerawat yang dia gunakan dengan sunblock dan kata dia sunblock itu kan komedogenik alias bisa menimbulkan komeda jadi di counter attack sama obat jerawat gitu. Kalau yang ini juga sering aku praktekkin he he he

4. Pakai obat jerawat
Berhubung adeku mudah jerawatan kayak aku, obat jerawat sudah menjadi hal yang wajib dalam perawatan wajah kita berdua. Obat jerawat yang biasa dia pakai ada dua dengan kandungan yang berbeda. Yang pertama adalah yang mengandung Nicotinamide seperti Niacef dan yang ini adalah yang biasanya dicampur dengan sunblock. Obat jerawat yang kedua adalah yang mengandung Clindamycin seperti Cindala atau Medi-Klin dan yang ini biasa dia pakai di sore hari pada kulit yang bersih. Selain dua itu ada juga obat jerawat lain yang dia rekomendasi ke aku yaitu yang mengandung Benzoyl Peroxide seperti Benzolac tapi tidak bisa sering aku gunakan karena bikin kulitku flaky. Semua obat jerawat yang aku sebut disini bisa dibeli di apotik yah.

5. Gunakan handuk yang berbeda untuk melap wajah
Kalau yang ini tips dari aku, kenapa berbeda? Karena di handuk tubuh pastinya udah banyak menempel sel-sel kulit mati dari tubuh dan jika digunakan juga pada wajah maka kotoran di handuk dapat menempel ke wajah. Aku sendiri sih menggunakan tissue tapi kalo cowok kayaknya males deh beli tissue, jadi minimal bedain aja deh handuknya.

6. Retinoid
Nah kalau yang ini kayaknya udah produk Holy Grail kita berdua. Penjelasan mengenai retinoid sudah aku jelaskan panjang lebar sampai 2 babak di blog ini (disini dan disini) jadi tidak perlu dijelaskan lagi ya. Produk yang dia gunakan adalah Evalen yang isinya Adapalene yang merupakan turunan dari Retinoic Acid. Kata dia si Evalen ini isinya setara dengan Vitacid yang kandungan Retinoic Acid-nya 0.025% dan tidak seiritasi Vitacid. Jadi untuk pemula si Evalen ini lebih ramah lah di kulit. Cari dimana? Silahkan mampir ke apotik terdekat ^^.

7. Minum tambahan suplemen Zinc.
Adeku paling males minum suplemen tambahan walaupun dia sendiri menyarankan aku untuk minum Zinc. Selain multivitamin untuk Zinc sendiri biasa aku minum 2x sehari kalau jerawatnya parah dan kalau kulitku lagi oke cukup sekali sehari karena Zinc ini membantu mengeringkan jerawat juga menguatkan rambut dan kuku loh! Selain Zinc ada suplemen lain yang juga membantu seperti Omega 3 namun karena harganya lumayan mehi belum pernah aku coba.

Gimana tipsnya? Gag ribet kan? Selain untuk berbagi ilmu (hehe kayak apaan aja), post ini aku buat untuk mengikuti Giveaway kolaborasi dari blog Mimoyoja dan Helo Kim.
 
Hello Kim and Mimoyoja Giveaway

Bakalan ada 2 orang pemenang yang akan mendapatkan hadiah seru di bawah ini!!

Hello Kim and Mimoyoja Giveaway 
 
Hello Kim and Mimoyoja Giveaway 
Berikut cara untuk mendapatkan hadiah ini:
  1. Follow blog ini Helo Kim dan Mimoyoja Beauty Blog.
  2. Follow Twitter Prima: (at)primaditarahma dan Raisa: (at)j1hyeon
  3. Tulis post blog di blog kamu tentang topik: Saran Perawatan Kulit untuk Cowok
  4. Post di blog kamu nanti harus menyebut Helo Kim dan Mimoyoja PLUS masukkan badge yang ada di post ini.
  5. Tulis comment dibawah post Helo Kim yang ini, isinya: link post blog kamu, akun Twitter&Facebook kamu, dan email.
  6. Tweet ke Prima dan Raisa seperti ini (contoh): “Hai, aku ikut giveaway #ParcelLebaran di #Helokim, ini link post-ku --> abcdef(dot)bloghijkl(dot)com”
Submisi untuk giveaway ini ditunggu sampai dengan MINGGU, 24 AGUSTUS 2013 pukul 20.00 WIB. Tapi untuk yang bisa submit tulisan blog SEBELUM Sabtu, 27 Juli 2013 jam 20.00 dan  berdomisili di SURABAYA/JAKARTA/BANDUNG/DENPASAR, bisa dapat Additional GIFT juga nih...(Voucher hanya 1, dan pemenangnya DIUNDI ya!)

Hello Kim and Mimoyoja Giveaway 
Wish me good luck fellas ^^

5 comments:

  1. Tanya dong
    1.Cara nyampur Niacef dengan Parasol gimana ya?
    2.Parasolnya SPF berapa?
    3.Apakah Evalen ada tingkatan kadar seperti Vitacid?
    4.Untuk cowok lebih baik pakek Vitacid atau Evalen?
    Makasiih >>>

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ya campur aja biasa gitu di telapak tangan setiap mau pake sunblock, enggak ada tehnik khusus kok. Acne gelnya sedikit aja.
      2. Terserah mau pake SPF berapa. Enggak harus parasol kok, sunblock yang lain juga boleh banget.
      3. Setahu aku Evalen baru satu macam aja.
      4. Evalen/Vitacid sama aja kok keduanya itu sejenis Retinoid. Bisa baca artikelku yang All About Retinoid. Atau bisa juga google dari kandungannya yaitu Adapalene (Evalen) atau Tretinoin (Vitacid).

      Delete
  2. Oya, kalo pakek Vitacid/Evalen emang ga boleh pake toner ya? soalnya ada yg bilang kalo lagi pakek itu ga boleh sentuhan sama yang mengandung Alkohol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya gpp sih asal kulitnya kuat, kalau pake retinoid kan kulit jadi sensitif. Karena toner ada yang mengandung alkohol (terutama yg memiliki kadar alkohol tinggi) jadinya kalau digunakan ke kulit agak perih. Aku sendiri rutin pake toner baik-baik saja kok. Kan kita sendiri yang merasakan kondisi kulit bagaimana.

      Delete
  3. Hmm,ulang touch sunblock 2-3jam sekali biasanya aku langsung templokin ke muka tanpa pembersihan pake air segala,
    soalnya sayang pelembab dan serum wajahku ikut keapus...

    Jadi kalo untuk sehari-hari
    1. Toner
    2. Serum
    3. pelembab wajah yang day
    4. sunblok

    Trus, kalo mau touch sunblock lagi, aku langsung templokin gitu... Cara ini salah ya??

    ReplyDelete

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^