Wednesday, April 23, 2014

Detox dengan Teh Parsley




Parsley Tea atau Teh Parsley? Apaan tuh? Asal mula saya tahu tentang teh yang satu ini adalah melalui salah satu akun Instagram yang fokus tentang masalah jerawat dan cara-cara alami mengatasi jerawat. Nah di akun tersebut ada yang komentar kalau kulit dia dan saudara perempuannya bersih sejak mengkonsumsi Teh Parsley dan Teh ini berfungsi untuk mendetoksifikasi ginjal dan hati. Nah… Jerawat ternyata adalah salah satu gejala dari malfungsi hati. Well…. Karena Parsley ini juga mudah didapat tidak ada salahnya juga saya mencobanya. Oh ya sebagai info Parsley ini disebut juga Peterseli dalam bahasa Indonesia.
Sebelum memulai untuk mencoba teh yang tidak biasa ini, saya seperti biasa mulai mencari info melalui Mbah Google. Ternyata ada banyak sekali manfaat dari teh ini dan pada post kali ini saya terutama akan membahas mengenai manfaat dari Teh Parsley untuk kulit saja. Untuk manfaat teh ini pada kesehatan, rambut dan lain-lain bisa mencoba Tanya Mbah Google yaa . 

Manfaat Parsley Untuk Kulit:

  1. Parsley memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi. Vitamin C menutrisi kulit dari dalam untuk mengurangi kerutan, garis halus dan luka. Mengkonsumsi Parsley menstimulasi produksi kolagen dalam kulit dan mendorong pembentukan dan reproduksi sel baru. Hasilnya kulit baru lebih cepat muncul dan bye bye kulit lama.
  2. Parsley mengandung bera carotene yang dikonversi menjadi Vitamin A untuk menjaga dan memperbaiki kulit. Jadi mengkonsumsi Parsley dapat memperbaiki elastisitas kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka. 
  3. Parsley mampu mengurangi kehitaman di bawah mata karena mengandung Vitamin C, Chlorophyl dan Vitamin K yang dapat meringankan daerah gelap di bawah mata dan mengurangi mata bengkak. Caranya adalah dengan menggunakan Jus Parsley sebagai kompres mata. 
  4. Essential Oil yang terdapat dalam Parsley memiliki fungsi anti-bakterial dan anti-fungal yang dapat membantu mengatasi jerawat dan infeksi. Parsley Oil dapat dibeli di toko-toko yang menjual Essential Oil / Minyak Atsiri (bisa coba Google ya kalau ada yang jual). Oh ya minyak Parsley ini tidak bisa digunakan secara langsung ke kulit karena cukup membuat iritasi. Sebaiknya Parsley Oil ini didilusi/dicampur dengan carrier oil lain seperti Olive Oil atau Grapeseed Oil. Gunakan seperti masker selama 10-20 menit kemudian dibilas. 
  5. Mengkonsumsi Parsley dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Parsley juga dapat membantu membersihkan pori-pori sehingga terhindar dari pori-pori tersumbat. Kandungan seng (zinc) yang terdapat dalam Parsley membantu mengurangi kemerahan pada kulit dan membantu regenerasi kulit. 
  6. Parsley memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi sehingga kulit kita terlindungi dari radikal bebas. 
  7. Parsley mengandung berbagai macam mineral seperti kalsium, potassium, mangan, tembaga dan seng yang sangat penting untuk kesehatan kulit. 
  8. Para wanita dan pria yang memiliki kulit kombinasi dan berminyak dapat menggunakan masker Parsley untuk mencegah jerawat. Caranya campur Parsley yang sudah dicacah halus/tumbuk dengan madu. Campur keduanya sampai madu tersebut berubah warna oleh Parsley dan oleskan pada wajah selama 10-20 menit sebelum dibilas. Parsley dan madu memiliki kandungan anti-bakterial yang dapat mengatasi jerawat. Untuk masker ini sebaiknya gunakan Parsley yang masih segar. 
  9. Selain sebagai masker Parsley juga dapat digunakan sebagai Toner atau Facial Rinse. Caranya campurkan Parsley Kering atau Fresh di dalam air mendidih dan rebus selama sekitar 20 menit. Air rebusan tersebut dapat digunakan sebagai Toner atau Facial Rinse. Simpan di kulkas supaya awet. Untuk Toner sebaiknya buat sedikit-sedikit dan untuk Facial Rinse buat baru setiap akan digunakan. (Note: untuk Toner bisa ditambahkan essential oil seperti Tea Tree atau Rosemary) 
  10. Menggosokkan Parsley Segar atau Kering pada bekas gigitan serangga dapat  mengurangi iritasi. 
Efek Samping:
  • Teh Parsley jangan digunakan oleh wanita hamil karena dapat menstimulasi rahim yang dapat meningkatkan risiko keguguran.
  • Minum Teh Parsley secara berlebihan dapat menyebabkan rasa mual dan muntah. Selain itu dapat juga menyebabkan diare. Gejala yang disebabkan oleh minum Teh Parsley secara BERLEBIHAN adalah denyut jantung tidak beratur, sakit kepala, pusing, insomnia, hilang nafsu makan, muntah dan diare.
  • Parsley Essential Oil itu beracun dan sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi (diminum).
  • Teh Parsley mengandung senyawa yang disebut Psoralen. Senyawa ini disebut-sebut menimbulkan reaksi Photodermatitis.
  • Teh Parsley kaya akan Oxalic Acid dan sebaiknya dihindari oleh orang-orang yang menderita Radang Ginjal.
  • Parsley dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang.
  • Mengkonsumsi Parsley dalam jumlah yang sangat besar dapat menimbulkan efek samping lainnya seperti anemia dan masalah ginjal atau hati.
  • Parsley Oil yang dioleskan ke kulit dapat menyebabkan kulit menjadi sangat sensitive terhadap matahari. Belum ada penelitian yang jelas mengenai keamanan mengoleskan daun dan akar Parsley ke kulit.
Cara Membuat Teh Parsley:
Untuk membuat teh ini dapat digunakan beberapa produk seperti Parsley segar, Parsley kering dan Parsley bubuk. Selain itu seperti treatment alami lainnya jangan berharap untuk mendapatkan hasil yang cepat dan instan. Untuk teh ini biasanya hasil terlihat setelah setidaknya selama sebulan.
  • Parsley Segar: Teh ini merupakan yang paling baik karena kandungannya lebih bagus dibanding yang kering namun memang kurang awet untuk disimpan. Caranya potong daun Parsley ke dalam gelas kira-kira setengah gelas. Jangan gunakan batangnya karena nanti rasanya agak pahit, tapi kalau sudah terbiasa dengan rasanya sih terserah aja he he. Saya sendiri sudah terbiasa. Tuang air panas ke dalam gelas dan diamkan sampai air menjadi hangat dan tidak terlalu panas. Air tersebut akan berubah warna menjadi hijau. Buang Parsley sebelum diminum dan apabila rasanya masih kurang disukai bisa ditambahkan madu atau perasan Lemon.
  • Parsley Kering: Masukkan sekitar 1 sdm Parsley ke dalam gelas dan tuang air panas. Diamkan selama beberapa menit sampai tidak terlalu panas lalu saring tehnya.
  • Parsley Bubuk: Parsley jenis ini dapat langsung diminum sebagai teh. Biasanya digunakan sebanyak 2-3 sdt Parsley Bubuk dengan air panas.
NOTE: Saya lupa baca dimana tapi treatment Teatox dengan Teh Parsley ini tidak boleh digunakan secara terus menerus. Oleh karena itu saya hanya melakukan Teatox ini selama 1-2 bulan saja kemudian berhenti. Apabila ingin melakukan Teatox lagi saya akan memberi jeda setidaknya selama 6 bulan. Mungkin ada reader yang bisa bantu??





Add me on your list  ^^


or maybe visit my Shop 

4 comments:

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^