Saturday, April 26, 2014

DIY: Lemon Sugar Scrub

Kalau sering mampi kesini mungkin sudah tahu kali ya kalau saya suka dengan yang namanya DIY atau Do-It-Yourself. Nah sekarang saya mau berbagi resep tentang cara membuat DIY Lemon Sugar Scrub. Apa itu Sugar Scrub? Sesuai namanya Sugar Scrub itu adalah Scrub atau lulur yang terbuat dari gula. Cara buatnya amat sangat gampang dan bahan-bahannya pun cukup mudah didapat. Kenapa saya pilih Lemon? Karena Lemon sering ada di kulkas saya dan Lemon itu memiliki bleaching properties atau mampu mencerahkan daerah yang gelap. Jadi harapannya kalau rajin luluran pakai ini daerah kulit saya yang gelap seperti siku, lutut dan bekas luka lainnya bisa lebih pudar gituuhh....


Waktu saya post gambar ini di Instagram saya banyak yang nyangka kalau ini adalah es serut! He he tapi wanginya memang fresh dan yummy banget!!

Bahan-Bahan:
Gula
Lemon
Sunflower Seed Oil
Rice Bran Oil
Lemon Essential Oil (optional)

Note:
  • Kalau tidak ada Sunflower Seed Oil atau Rice Bran Oil bisa diganti dengan yang lain seperti Olive Oil. Jenis Oil yang digunakan tidak harus sama kok bisa juga menggunakan Coconut Oil, Soy Oil, Grape Seed Oil dll.
  • Lemon Essential Oil bisa dibeli di toko atau online shop yang menjual produk-produk natural. Perlu diingat yang digunakan adalah Essential Oil yang asli yah bukan yang untuk digunakan untuk aromatheraphy seperti dupa itu. Untuk tempat referensi beli essential oil dimana sudah saya cantumkan sebelumnya di post yang ini.


Untuk wadah Lemon Sugar Scrub saya menggunakan Spice Jar kecil yang cute ini. Belinya di Ace Hardware dan harganya sekitar Rp. 10,000an.

Cara Membuat:
1. Isi toples dengan gula sampai sekitar 2/3 bagian.
2. Potong Lemon jadi dua dan peras isi dari 1/2 Lemon tadi ke dalam toples.
3. Parut kulit Lemon yang sudah diperas tadi ke dalam toples. Cukup bagian yang berwarna kuningnya saja ya.
4. Masukkan Sunflower Seed Oil dan Rice Bran Oil ke dalam toples sampai dicapai konsistensi yang diinginkan. Saya tidak suka terlalu banyak oil jadi kira-kira sampai gulanya pas terendam di ujung garis gulanya.
5. Tambahkan sekitar 10 tetes Lemon Essential Oil.
6. Aduk campuran gula, parutan Lemon dan Oil tadi sampai rata.
7. Jadi deh!!







Add me on your list  ^^


or maybe visit my Shop 

2 comments:

  1. Keyeen sis :D btw, mau nambahin, kalo pake lemon essential oil baiknya jangan dipakai aktivitas dibawah sinar matahari yaa.. karena lemon e.o itu sifatnya photosensitive..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang enggak kok say..
      Thx infonya nanti kuupdate di post ^^

      Delete

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^