Thursday, September 12, 2013

Skin Care Talk Part 3: Asian Skin Care Routine

 

Di bagian pertama skin care talk aku sudah membicarakan mengenai Toner, Essence, Serum dan Ampoule dan pada bagian kedua aku juga sudah membahas tentang Lotion, Emulsion, Milk, Cream, Gel dan Booster. Nah udah banyak dan macam-macam kan tuh jenih skin carenya. Lalu bagaimana cara pakainya? Mulai dari mana? Bingung lagi kan? Namanya udah banyak trus enggak tahu cara pakainya pula. Jadi kali ini aku mau membahas mengenai rutinitas skin care asia dan skin care layering.

Langkah-langkah rutinitas skin care di Jepang dan Korea itu lebih panjang dari rutinitas di Barat sana. Bayangin aja ada 5 sampai dengan 10 langkah loh!!

Langkah 1: Cleansing Oil/Cleansing Cream (Malam)

Cleanser yang ini digunakan untuk membersihkan wajah dari tata rias atau biasa disebut dengan "pre-cleansing". Biasanya lebih umum menggunakan cleansing oil namun bisa juga menggunakan cleansing cream. Untuk membersihkan wajah biasanya dimulai dari bagian samping wajah, T-Zone dan kemudian dilanjutkan ke bagian wajah yang lain. Untuk yang memiliki mata sensitif sebaiknya menggunakan eye makeup remover terlebih dahulu.

Langkah 2: Cleangsing Foam (Pagi+Malam)
Langkah yang ini berfungsi untuk benar-benar membersihkan kulit dari sisa-sisa tata rias yang masih menempel. Untuk membersihkan wajah dengan cleansing foam sebaiknya dimulai dari daerah wajah yang paling berminyak seperti T-Zone dan menuju ke bagian wajah yang paling kering.

Langkah 3: Massage Cream (Optional, Malam)
Pemijatan pada wajah dapat memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi stress. Bisa dibilang kalau pemijatan wajah seperti olahraga pada kulit karena menstimulasi aliran oksigen dan nutrisi dalam kulit dan memperbaiki elastisitas kulit. Hal ini biasanya dilakukan 2-3 kali seminggu dan tentunya lebih bagus lagi kalau dilakukan setiap hari. Aku sendiri sebetulnya jarang melakukan langkah yang ini karena kulitku sensitif, kombinasi dan juga acne prone aku sebisa mungkin mengurangi untuk memegang-megang kulit apalagi kalau lagi ada jerawat. Mungkin ini lebih bagus untuk yang berjenis kulit kering dan normal kali ya?

Langkah 4: Toner
Kalau pada rutinitas Skin Care Barat toner digunakan sebagai pembersih tambahan dan biasanya memiliki tambahan fungsi sebagai astringent (mengecilkan pori, oil control, blemish control etc) sedangkan rutinitas Skin Care Asia lebih didesain untuk memberikan kelembaban extra pada kulit yang mungkin hilang saat membersihkan wajah dan membantu meningkatkan penyerapan produk skin care selanjutnya. 

Langkah 5: Eye Cream (Optional, Pagi+Malam)
Penggunaan Eye Cream ini biasanya tergantung dari saran produsen skin care itu sendiri, ada yang menyarankan untuk digunakan sebelum toner/booster dan ada juga yang menyarankan untuk digunakan setelah toner, namun rata-rata penggunaan eye cream ini dilakukan setelah menggunakan toner. Pengaplikasian eye cream biasanya dilakukan dengan mengusap cream di jari-jari sampai terasa hangat kemudian diaplikasikan dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan. Kenapa? Untuk mendorong sirkulasi darah yang baik pada mata, membuat krim menjadi lebih efisien dan ternyata apabila kita salah menggunakan eye cream justru malah semakin mendorong munculnya kerut mata loh!!

Langkah 6: Masker (Optional, Malam)
Setelah menggunakan toner masker bisa digunakan. Jenis-jenis masker juga ada banyak dan dengan fungsi yang bermacam-macam pula. Untuk masker dengan tipe sheet mask terkadang dapat menggantikan langkah essence/serum karena setelah masker dilepas sisa-sisa essence dari masker tersebut dapat ditepuk-tepuk ke wajah sampai menyerap. Masker biasanya digunakan beberapa kali seminggu namun dapat juga digunakan setiap hari. Untuk masker dengan tipe peel-off pada khususnya sebaiknya penggunaan masker tipe ini dilakukan setelah menggunakan emulsion untuk melindungi kulit.

Langkah 7: Essence/Serum/Ampoule (Pagi+Malam)
Baik Essence, Serum dan Ampoule ketiganya sebetulnya merupakan produk yang sama hanya berbeda saja penamaannya. 

Langkah 8: Emulsion/Gel/Cream/Milk (Pagi+Malam)
Pada langkah ini intinya adalah mengaplikasikan produk yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Jenis apa yang digunakan baik itu emulsion, gel, cream dan milk tentunya disesuaikan dengan jenis kulit. Emulsion dan Milk sebetulnya merupakan produk yang sama hanya memiliki nama yang berbeda saja, teksturnya lebih ringan sehingga cocok untuk digunakan oleh yang memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi. Bagi orang yang memiliki jenis kulit kering biasanya lebih memilih yang berjenis cream atau dapat juga menggunakan emulsion lalu dilanjutkan dengan cream sedangkan gel biasanya lebih diperuntukkan untuk yang berjenis kulit berminyak. Namun tentunya juga harus membaca keterangan dari produknya itu sendiri ya diperuntukkan untuk kulit apa. Misalnya saja nih, aku dapat sampel Innisfree Green Tea Seed Cream, dari namanya saja sudah cream namun teksturnya sendiri sangat lembut dan cenderung mirip gel. Kupikir karena teksturnya gel maka akan cocok untuk kulitku yang kombinasi, ternyata belum siang aja udah tambang minyak boo!! Jadinya tetap harus diperhatikan yaa...

Langkah 9: Spot Treatment (Pagi+Malam)
Spot treatment ini punya bermacam fungsi seperti perawatan jerawat, whitening, wrinkle filler, anti-aging dll. Contohnya nih aku kan juga memakai Vitacid (Tretinoin) di rutinitas skin care aku nah si Vitacid ini masuk dalam kategori ini begitu juga dengan salicylic acid dan clindamycin.

Langkah 10: Sleeping Pack (Optional, Malam)
Sleeping pack biasa juga disebut dengan sleeping mask yaitu perawatan kulit yang penggunaanya dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Jadi waktu tidur pun kulit kita dapat menyerap manfaat dari sleeping pack ini. Apabila aku menggunakan sleeping pack pada malam hari biasanya keesokan harinya aku hanya membilas wajah dengan air tanpa menggunakan facial wash lagi.

Langkah 11: Sunblock/Sunscreen (Pagi)
Berhubung negara Asia biasanya cenderung panas maka proteksi terhadap sinar matahari tentunya sangat penting ya supaya kulit kita terhindar dari dampak sinar ultraviolet yang berbahaya buat kulit.

Berikut langkah-langkah berdasarkan pagi dan malam.

Pagi: Cleansing Foam - Toner - Eye Cream - Serum/Essence - Emulsion/Gel/Cream/Milk -  Spot Treatment - Sun Protection

Malam: Cleansing Oil/Cleansing Cream - Cleansing Foam - Massage Cream - Toner - Eye Cream - Mask - Essence/Serum - Emulsion/Gel/Cream/Milk - Spot Treatment - Sleeping Pack

Banyak banget skin carenya?!?!? Trus mau nemplokin satu-satu berapa lama donk baru kita dandan kalau harus menunggu? Nah ini dia nih yang juga menjadi perhatianku, bayangin aja kalo 10 langkah dijalanin satu-satu trus tiap langkah nunggunya kira-kira 3 menit. Baru waktu menunggunya aja udah makan 30 menit belum dandan, ganti baju, sarapan dll aku harus bangun pagi jam berapa coba sebelum pergi?? Trus kalau malam udah capek dan ngantuk masih panjaaanngg perjalanan sebelum tidur karena masih harus nemplokin skin care satu-satu. Trus kulit kita memangnya bisa ya meng-handle begitu banyak produk dalam sekali pakai??

Ternyata jawabannya adalah?? Kita tidak harus menunggu!! Apabila kita sudah memiliki produk yang cocok dengan kita maka persoalan menunggu atau tidak diantara penggunaan skin care hanyalah masalah preferensi saja. Selain itu ternyata kulit kita itu ternyata cukup tangguh juga loh. Sekitar 99% dari setiap skin care routine itu tidak saling menghalangi keefektifan skin care selanjutnya. Jadi kalau misalnya emulsion langsung dipakai setelah serum bukan berarti si serum jadi tidak efektif. Ibaratnya seperti diet lah, mau segala sayuran kita makan sekaligus atau dimakan satu-satu beserta dengan makanan lain bukan berarti tubuh kita kehilangan nutrisi dari sayur dan makanan itu kan??

Jadi pada akhirnya semua tergantung preferensi masing-masing dan tentunya kondisi kulit masing-masing. Ada yang suka menunggu sebelum memakai produk selanjutnya, ada yang suka langsung menggunakan produknya satu demi satu tanpa menunggu (seperti aku) dan ada juga yang suka mencampur beberapa produk jadi satu seperti misalnya emulsion dicampur dengan acne gel (seperti aku juga he he). Sebetulnya hal tersebut sah-sah aja dilakukan namun ada juga beberapa pengecualian. Apa pengecualiannya?? Yukk lanjut ke bawah.

AHA dan BHA?
Apakah mengaplikasikan AHA (Bahan aktif glycolic acid) atau BHA (bahan aktif salicylic acid) yang dilanjutkan dengan penggunaan produk-produk skin care akan mengurangi performa dari AHA dan BHA tersebut? Selama AHA dan BHA tersebut diformulasikan dengan range pH yang efektif maka ia akan berfungsi sebagaimana mestinya dan keefektifannya tidak akan berkurang.

Pengecualian:
  • Apabila kombinasi dari produk yang digunakan berubah menjadi semacam gumpalan bola-bola kecil sangat pengaplikasian maka ada baiknya untuk menunggu lapisan skin care yang sebelumnya mengering dan terserap dengan baik terlebih dahulu.
  • Apabila menggunakan tabir surya ada baiknya bila pengaplikasiannya ditunggu terlebih dahulu sampai menyerap dengan baik. Namun apabila foundation atau bb cream yang digunakan juga mengandung SPF maka bisa tidak harus menunggu. (kecuali kalau kombinasi sunblock dan bbc/foundie berubah menjadi bola-bola itu tadi).
  • Yang terakhir adalah jangan menggunakan produk retinoid bersamaan dengan benzoyl peroxide karena kombinasi keduanya cenderung mendorong iritasi pada kulit.
  • Apabila ingin menggunakan berbagai produk untuk mengatasi masalah-masalah kulit tertentu secara bersamaan seperti mengatasi diskolorasi, mengatasi minyak berlebih atau mengatasi jerawat maka ada baiknya untuk menggunakan spot treatment alih-alih menggunakan produk ke seluruh wajah. Misalnya menggunakan lightening cream pada bagian kulit wajah yang tidak rata saja atau menggunakan acne gel hanya pada titik jerawat sebelum menggunakan sunblock/sunscreen.
  • Coba metode cocktail. Apa itu? Yaitu mencampur beberapa produk sekaligus. Misalnya dengan mencampur serum dan pelembab di telapak tangan baru kemudian diaplikasikan ke wajah. Dengan teknik ini maka rutinitas skin care juga dapat dipercepat, namun perlu diingat juga kalau metode ini tidak bisa dilakukan pada sunscreen/sunblock karena sunscreen/sunblock yang terdilusi akan berkurang keefektifannya.

Okay... That's it!! Now that you know that you don't have to wait between each routine you can definitely experiments with other skin care products right?? (If you want that is...). Share yuk skin care routine kamu dan kombinasi produknya ^^

4 comments:

  1. WOW!! prok prok prok . . . . .
    terima kasih atas ilmu ini guru, gw jadi bisa menghemat waktu untuk aplikasi, karena proses menunggu yang puanjangggg. Macam antrian rekk, ga sadar eh gw udah ketiduran, lupa degh step berikutnya :P.

    Kalo metode cocktail malah bikin gumpalan berarti Fail yah, gw mau coba campur serum dan cream pemutih gw akh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih sama... Udah keburu tidur padahal belum kelar nemplok-nemploknya he he
      Kalau menggumpal bukan berarti gagal cuma mungkin bahan2nya gag bs saling nempel jadi mendingan ditunggu menyerap dulu.

      Delete
  2. Wahhh thanks banget nih postnya. Emang cewek ribet banget ya hahaha.
    Oh ya aku kok kadang kalo pake sleeping pack malem, paginya cuma dicuci pake air tuh rasanya aneh soalnya mukaku berminyak pas bangun itu. Abis dicuci pake air muka masih kerasa kayak blm bersih T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih tergantung apa jenisnya, kalau aku pake sleeping pack yg extra moisturizing gitu memang rada berminyak. Tergantung kondisi kulit masing-masing sih ya

      Delete

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^