Tuesday, September 10, 2013

Skin Care Talk Part 2: Lotion, Emulsion, Milk, Cream, Gel, Booster



╲(。◕‿◕。)╱ Hello!!

Setelah sebelumnya aku sudah membahas berbagai macam nama untuk toner dan jenis-jenisnya, kemudian aku juga membahas soal perbedaan antara essence, serum dan ampoule yang menurutku tidak ada perbedaan diantaranya dan hanya masalah penamaan saja sih. Trus sekarang bahas apa donk?? Tenanggg masih banyak nama-nama skin care lain yang juga membuat aku bingung seperti lotion, emulsion, gel, cream, milk dan booster.

Lotion:
Kalau di Skin Care Korea lotion itu biasanya pelembab ringan sedangkan versi lotion pada Skin Care Jepang itu adalah toner yang didesain untuk lebih melembutkan dan melembabkan wajah. Bukan toner di Skin Care Barat yang digunakan untuk membersihkan kotoran berlebih dan mengecilkan pori yang pengaplikasiannya cenderung menggunakan kapas. Lotion versi Jepang biasanya digunakan dengan meneteskan beberapa tetes lotion ke tangan kemudian ditepuk-tepuk perlahan ke wajah. Beberapa lotion versi Korea yang aku punya rata-rata digunakan dengan 2 cara yaitu diusap dengan kapas atau disemprotkan ke wajah. Lotion versi Korea biasanya selain membersihkan wajah dari sisa-sisa kotoran berlebih juga mampu melembabkan dan melembutkan wajah. Beberapa jenis lotion/toner Korea juga dapat digunakan sebagai lotion mask ala Chizu Saeki.


Contoh dari lotion Jepang itu seperti Hada Labo Ultimate Moisturizing Lotion dan Kose Nature & Co Pure White Lotion sedangkan contoh dari lotion/toner Korea itu seperti Etude House Wonder Pore Freshner (bisa digunakan dengan spray, kapas dan sebagai lotion mask juga) dan Etude House Skin [mal:gem] Smoother (digunakan dengan kapas tapi mampu melembabkan juga ^^).

Emulsion/Milk:
Emulsion merupakan pelembab yang ringan dan biasanya memiliki tekstur yang agak encer. Orang-orang dengan jenis kulit kombinasi atau berminyak lebih cocok menggunakan pelembab jenis ini karena teksturnya lebih ringan namun tetap memberikan kelembaban pada kulit. Emulsion itu biasanya water based. Nahh Kalau di versi Jepang toner itu disebut lotion, untuk versi Korea itu lotion biasanya adalah emulsion dan versi Jepang untuk emulsion biasanya dikasi nama Milk. Nah loh makin bingung deh!!! Gimana ya supaya gampang? Hmm... Kalau dipakai gini deh kira-kira urutannya.

Versi Korea: Toner (aka Smoother, Freshner, Skin Bracer etc) -> Emulsion
Versi Jepang: Lotion (aka Light Lotion) -> Milk (aka Milky Lotion)

Untuk contoh dari Emulsion versi Korea seperti The Skin Food Tea Tree Emulsion dan Secret Key Intensive Repairing Emulsion sedangkan contoh dari Milk versi Jepang seperti Kose Nature & Co Pure White Milky Lotion dan Hada Labo Ultimate Moisturizing Milk.

Cream:
Cream memiliki tekstur yang lebih "thick" karena mengandung lebih banyak kandungan minyak di dalamnya. Cream lebih cocok digunakan oleh orang-orang yang memiliki jenis kulit kering atau untuk digunakan pada musim dingin karena biasanya pada musim dingin (winter) kulit itu cenderung menjadi kering. Contoh dari cream itu seperti Olay Active Hydrating Cream dan Sulwhasoo Jeamsang Cream.

Gel:
Pelembab berbentuk gel biasanya mengandung humectant seperti silicone dan cocok untuk digunakan oleh orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Gel disukai karena teksturnya yang fresh dan memberikan rasa dingin dikulit saat digunakan. Contoh dari gel seperti The History of Whoo Brightening Gel dan  Dr. Jart+ Water-Sure Gel.

Booster:
Booster biasanya dipakai sebelum menggunakan serum atau essence. Jadi katanya dengan menggunakan booster maka serum atau essence yang kita gunakan akan semakin efektif. Aku sendiri belum pernah mencoba yang namanya booster ini jadi betul tidaknya claim mengenai manfaat si booster ini aku masih kurang tahu. Contoh dari booster ini misalnya Dermalogica Skin Hydrating Booster dan The Body Shop Nutriganics Drops of Youth.

Yap... Begitulah kira-kira macam-macam jenis skin care yang beredar berdasarkan pengetahuanku. Kalau ada info mengenai jenis-jenis lainnya dengan senang hati aku terima dan mari kita bingung beramai-ramai he he he. Mau bahas apa ya berikutnya? How to layer skin care?? Give me your thoughts fellas!!

6 comments:

  1. Kalo aku lebih cocok yang berbentuk Gel, karena tempat clinic skincare langganan kasih nya yang bentuk gel..

    Makin tambah puyeng yah, istilah nya banyak betul..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya pake emulsion atau oil-free cream.
      Kalau enggak udah saingan ama kilang minyak deh T-Zonenya.
      He'em sekarang istilah dan jenisnya makin banyakkk

      Delete
  2. bikin kamus skincare ah,, bnr deh istilahnya makin banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya emang perlu yah..
      Makin bikin bingungg

      Delete
  3. lotion bukannya pelembab yg ringan yah mba?
    mba mau cerita sekalian nih,ak lagi coba line green tea nya innisfree,toner serum,lotion, sama sleeping pack
    udah hampir 2 bulan aku pakenya..nah yg ak bingung,kok mukaku bruntusan gitu yah?padahal kan semuanya ringan mba..kulitku normal mba
    akhirnya ak pake krim dokter lagi,eh tapi kok malah jadi kering mba,kaya kenceng gitu mukanya..
    trus ak dobel lagi pake innisfree itu,soalnya bisa bikin lembab kulit..itu kira2 knapa ya mba?
    binguuuung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tergantung setahu aku klo Jepang lotion itu ya kaya HadaLabo lotion gt dia mampu melembabkan sedangkan Korea lotion itu lebih seperti toner kayak etude house wonderpore freshner.

      Setahu aku lagi yah say, teksturnya ringan bukan berarti daya lembabnya ringan loh. Kayak Laneige water bank tuh kan dia berupa gel tapi sangat melembabkan dan gag cocok di kulitku yang kombinasi berminyak.
      Untuk lebih jelasnya bisa kamu konsul ke dokter kulit kmu berhubung aku bukan ahli kecantikan.

      Delete

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^