Monday, February 25, 2013

Perjalanan Mengurus Wisuda Part 1

Setelah sekian lama mengejar dosen pembimbing yang lebih susah dicari dibanding selebriti, revisi tesis yang rasanya tidak habis-habis, isi ulang toner yang entah kesekian kali, lembar-lembar hasil print revisi yang enggak tahu udah habis berapa banyak akhirnya pada tanggal 14 Februari kemarin aku sidang tesis juga dan telah dinyatakan lulus saudara-saudara!! 

Seneng sih udah pasti ya... Namun proses pengurusan wisudanya itu lohh....... Ribetttt!!! Setelah udah hepi-hepi nih dinyatakan lulus peserta ujian disuruh menunggu sebentar sampai semua yang ujian selesai sidang. Apa yang terjadi?? Ternyata diberikan berkas-berkas yang berisi surat pernyataan lulus sidang dan persyaratan-persyaratan yang harus dilakukan supaya si mahasiswa bisa wisuda. Berikut persyaratannya:

1. Formulir data wisudawan ( dicetak 3 lembar);
2. Formulir pendaftaran anggota KAGAMA (dicetak 1 lembar);
3. Formulir data penulisan ijazah S2 (dicetak 2 lembar);

Untuk mengurus persyaratan no 1-3 ini mahasiswa harus melakukan data entry di website sistem informasi wisuda UGM. Nah untuk memasukkan data entry si mahasiswa harus meminta Username dan Password kepada petugas Alumni dan Kemahasiswaan MM FEB UGM yang kantornya berada di lantai 3 di depan Lab Komputer MM UGM. Terus tadi pagi waktu aku kesana untuk meminta Username dan Password ternyata database-nya belum bisa diakses dan aku harus menunggu beberapa hari ke depan untuk mendapatkannya. Jadi hari ini ngurus no 1-3 belom bisa. 

4. Surat keterangan bebas pinjam buku perpustakaan UGM Pusat;
5. Surat keterangan bebas pinjam buku perpustakaan FEB UGM;
6. Surat keterangan bebas pinjam buku perpustakaan S2 Pascasarjana UGM;

Untuk mengurus persyaratan no 4-6 lokasinya masih sama di bagian Alumni dan Kemahasiswaan MM FEB UGM di lantai 3 dengan mambayar biaya administrasi sebesar Rp 20.000 dan kalau ada kartu perpustakaan harap sekalian dikumpulkan. Berhubung aku tidak punya ya tinggal bayar aja dan kemudian akan diberikan surat keterangan bebas pinjam buku. He he he boro-boro kartu anggota perpus, lha perpustakaan pusatnya aja aku enggak pernah masuk dan perpus FEB dan S2 Pasca aku juga enggak tahu ada dimana. 

7. Surat keterangan bebas pinjam buku perpustakaan MM FEB UGM;

Syarat no. 7 ini ngurusnya ya di perpustakaan MM UGM lantai 1, harusnya aku ngurus ini duluan tadi supaya enggak naik turun tangga enggak jelas daritadi. Ha ha benar sekali saudara-saudara karena aku enggak tahu ruangan yang mana dimana akhirnya aku cek satu-satu lokasi dengan naik tangga dan tidak pakai lift. Sepertinya betis agak kencang hari ini.

8. Surat keterangan bebas pinjam kunci loker;


Syarat no. 8 ini ngurusnya di bagian SDM dan Fasilitas di lantai 2 cukup dengan mengembalikan kunci loker yang sesungguhnya jarang juga aku gunakan. Tadi iseng-iseng buka loker kali-kali aja ninggalin apa gitu di dalamnya ternyata lokerku penuh sarang laba-laba . Setelah mengembalikan kunci loker akan diberikan surat keterangannya.

9. Surat keterangan dari Bagian Akademik MM FEB UGM bahwa telah mengumpulkan 1 buah Hardcopy Tesis;

Yang ini belum aku urus karena tesisnya belom direvisi he he he... Semoga besok dosennya ketemu jadi bisa lebih cepat diurusnya. Nah yang enaknya disini aku hanya perlu memasukkan tesis komplitnya saja karena nanti akan dijilidkan oleh bagian Akademik dengan biaya Rp 20.000 per eksemplar.

10. Surat keterangan dari Bagian Lab. Komputer MM FEB UGM bahwa telah mengumpulkan softcopy tesis dan softcopy summary tesis (PDF);

Ini juga belum aku urus karena tesisnya belum direvisi, proses konversi dari Ms. Word ke PDF bisa dibantu staf di lab komputer dengan biaya Rp 20.000. Ini penting karena aku gag mau repot nge-scan halaman-halaman penting seperti halaman pengesahan dll dan kalau konversi sendiri takut salah gitu he he he

11. Menyerahkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM);

KTM diserah ke bagian Alumni dan Kemahasiswaan di lantai 3, harusnya aku sekalian menyerahkan ini tadi repot kan naik lagi ke lantai 3 #errrrr. Oh ya, untuk penyerahan KTM ini jangan lupa menyertakan fotokopi identitas diri seperti KTP atau SIM untuk pembatalan rekening BNI apabila rekeningnya diaktifkan, tapi meskipun tidak diaktifkan tetap harus menyertakan fotokopi tersebut rupanya. Haahh....  Balik lagi lah aku kesana besok.

12. Menyerahkan bukti pembayaran biaya wisuda;

Kalau punya rekening BNI bisa langsung ditransfer ke rekening milik MM UGM tapi kalau mau bayar langsung bisa juga ke bagian Finance di lantai 5. Berhubung rekening BNI punyaku saldonya hanya seadanya tadi jalan dulu lah aku ke ATM sebelum kembali lagi ke lantai 5 karena karena sebelumnya nanya dulu berapa jumlah yang harus dibayar. Setelah mendapat nota pembayaran nanti dikasih lagi ke bagian Alumni di lantai 3 yang tadi dan kemudian akan diberikan daftar kelengkapan persyaratan wisuda.

13. Fotocopy ijazah dan transkrip nilai S1 yang dilegalisir;

Syarat yang ini diserahkan juga ke bagian alumni di lantai 3. Untung masih simpan ijazah dan transkrip jaman S1 kemarin yang sudah dilegalisir, kalau enggak repot dulu lah aku pulang dulu ke Jember buat urus-urus ini. Tapi sebetulnya berkas-berkas transkrip dan ijazah itu sudah ada di dalam dokumen MM UGM, cuma berhubung dokumen angkatanku sudah nun jauh ke belakang sepertinya berkasnya tidak ketemu di dalam gudang. Nooo.... Bahkan sudah masuk gudang!!

14. Abstract dan Intisari tesis lepas (masing-masing 1 lembar);

Syarat yang ini lupa aku print tadi pagi, harusnya dibawa juga . Kumpulnya di bagian Alumni di lantai 3 juga.

15. Pasfoto (kertasnya Dove/tidak mengkilat);

Yang harus dikumpul ada beberapa, ukuran 3x4 8 lembar (warna), ukuran 2x3 2 lembar (warna), dan ukuran 3x4 6 lembar (hitam putih). Pasfoto ini dikumpul di lantai 3 bagian Alumni dan Kemahasiswaan. Berhubung baru aku masukin fotonya tadi pagi yang ini belum dikumpulin juga.

Bagaimana?? Panjang gag sih syarat-syaratnya!! Tapi lumayan lah dari total 15 yang udah aku lakukan hari ini ada 8. Semoga besok revisinya cepet disetujui sama dosen pembimbing supaya bisa cepet aku masukin ke akademik. Tapi Username dan Password belum bisa diakses yak?? Moga-moga cepetan selesai sebelum aku balik ke Jember kamis depan deh.... 八(^□^*) タノム!!

Toodles.... 

No comments:

Post a Comment

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^