Saturday, February 2, 2013

Jerawat di Punggung (Bacne)?!?!?!


Bacne adalah singkatan dari back acne atau body acne. Biasanya jerawat ini muncul di punggung, lengan, pantat, dada dan bagian tubuh lainnya. Bentuknya juga bermacam-macam dari seperti jerawat biasa, blackhead, pustule dan cysts yang biasanya terasa sakit dan perih. Kulit punggung dan tubuh lebih tebal dibanding kulit wajah dan memiliki kelenjar minyak yang juga lebih banyak dibanding kulit wajah jadi munculnya jerawat di tubuh atau punggung itu bukan merupakan hal yang tidak lazim.

Aku sendiri sudah cukup lama berperang dengan yang namanya jerawat punggung. Masa muka sudah dipakai perawatan macam-macam tapi punggungnya jerawatan. Udah banyak jenis obat jerawat juga yang aku oles-oles ke punggung tapi hasilnya nihil!! Akhirnya setelah cari info sana-sini ternyata cuka apel juga bagus loh untuk jerawat punggung dan bukan hanya untuk muka. Resepnya disini dan disini.

Cara aku mengatasi jerawat di punggungku adalah dengan mengoleskan ramuan Toner Cuka Apel yang biasa aku pakai untuk wajah. Campuran tersebut aku semprotkan di punggung sehabis mandi lalu ditunggu sampai kering. Baunya agak kemana-mana sih tapi gpp lah... Daripada punggungnya jerawatan gitu... Kan bikin malu yey..

Untuk yang tidak mau mengikuti resep toner di atas bisa juga mencampur Cuka Apel dan Air (bukan air keran tapinya yahhh....) dengan perbandingan 1:1. Campur cuka apel dan air tersebut di dalam botol spray lalu semprotkan ke punggung setelah mandi atau sebelum tidur dan tunggu sampai kering. Ada juga sih yang langsung mengoleskan Cuka Apelnya langsung ke punggung tanpa diencerkan dengan air dengan menggunakan kapas atau botol spray. Whatever works for you I guess....

Selain menggunakan campuran cuka apel ada tips-tips lain yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat punggung seperti:

- Eksfoliasi secara rutin menggunakan scrub tapi jangan terlalu sering ya nanti malah iritasi dan kering yang akhirnya malah semakin memicu jerawat.

- Menambah suplemen harian dengan kandungan Zinc 50 mg. Zinc mampu menyerang bakteri penyebab jerawat dan bisa dibeli di apotik.

- Saat sedang keramas pastikan residu dari shampoo dan conditioner tidak tertinggal di punggung. Setelah membilas rambut bilas lagi punggungnya supaya tidak ada residu yang menempel.

- Keringat yang muncul saat berolahraga apabila tidak segera dibersihkan juga dapat menjadi sarang bakteri penyebab jerawat. Pastikan mandi yang bersih setelah berolahraga ya!! He he he

- Residu dari deterjen cucian yang menempel pada baju juga mampu memicu jerawat loh... Jadi pastikan baju kamu dicuci dan dibilas dengan bersih.

- Jangan terlalu sering memakai baju yang sama selama berhari-hari karena keringat dan kotoran bisa menempel di baju tersebut dan memicu jerawat.

- Handuk yang kamu gunakan untuk mandi atau olahraga juga harus bersih. Jangan menggunakan handuk yang sama sampai berminggu-minggu hehehe... Nanti bakteri dan kotoran yang ada di handuk bisa pindah ke kulit kamu.


Mampir ke BLOG SALE aku yuukk
ke GARAGE SALE juga boleee
Atau OLShopku di Pernak Pernik Sekar ^^

8 comments:

  1. Thanks for the great tips .
    I really had this problem before . But now its heal but leave pimple scars on my back OH NO ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. For pimple marks I exfoliate using sugar/salt scrub whichever is available on my bathroom #LOL and put tretinoin on my back every few days. So far it works wonder...

      Delete
  2. Kak Sekar untuk perawatan jerawat punggung pake cuka apel bisa kelihatan mulai berkurang butuh waktu berapa minggu ya ? thx kak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung tingkat jerawat di punggung kamu dear, cuma sedikit atau banyak.
      Yang jelas harus rutin dan rajin penggunaannya

      Delete

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^