Saturday, October 20, 2012

All About Retinoid (Part Three)

Retinoid - Efek Samping dan Pencegahan

Efek samping yang paling umum dari retinoid adalah iritasi. Retinoid mengeksfoliasi kulit dari dalam ke luar dan selama proses ini kulit akan menjadi ekstra sensitif. Kondisi yang sering terlihat adalah kulit terkelupas, muncul kemerahan, flakey (putih-putih dari kulit terkelupas), dan kering. Banyak juga yang mengalami purging jerawat pada penggunaan awal. Meskipun ada beberapa efek samping namun efek samping tersebut dapat diminimalisir.

Efek Samping: Iritasi, Kemerahan, dan Kulit Kering
Retinoid dapat menimbulkan kemerahan pada kulit dan kulit menjadi over sensitif. Efek samping dari retinoid terhadap kulitku sendiri adalah kulit wajah menjadi kemerahan, sangat gatal, dan ada sensasi seperti ditusuk-tusuk pada kulit pada awal penggunaan retinoid. Jerawat yang muncul pada saat purging juga sangat merah dan gatal.

Perlu diperhatikan juga perbedaan antara iritasi dan alergi. Apabila kondisi kulit menghilang atau sembuh setelah penghentian penggunaan retinoid maka kulit dapat dikatan mengalami iritasi, namun apabila kondisi kulit tidak berubah bahkan dalam waktu lama sejak penghentian retinoid maka kulit bisa dikatakan mengalami alergi terhadap retinoid.

Sekarang setelah menggunakan retinoid selama sekitar setahun aku tidak menggunakan retinoid setiap hari namun diselang sekitar 1-2 hari supaya kulit dapat beristirahat.


Selain kemerahan dan sensitifitas pada kulit, efek samping lain yang umum adalah kulit kering. Kulit terasa kasar dan terkelupas meskipun sudah menggunakan pelembab, hal ini akan terus berlangsung sampai kulit beradaptasi dengan retinoid. Pada awal penggunaan kulitku juga mengalami kekeringan yang parah terutama pada bagian U-Zone yang memang sudah kering, dan aku juga mengurangi penggunaan make-up karena memang tidak bisa menempel dengan baik di kulit. Namun pada saat kulit sudah beradaptasi bagian T-Zone yang berminyak menjadi kurang berminyak dan bagian U-Zone yang kering kerontang menjadi lebih lembab.

Solusi:
Cara utama untuk meminimalisir efek samping ini adalah dengan menggunakan retinoid secara perlahan-lahan dan bertahap. Mulai dari dosis yang kecil dan frekuensi yang jarang sampai kulit dapat mentoleransi retinoid. Gunakan secara jarang-jarang (misalnya 1-2 kali seminggu) sampai kulit terbiasa. Mengistirahatkan kulit setelah penggunaan retinoid dan dilanjutkan lagi setelah kulit lebih tenang (tidak merah, terkelupas atau gatal) juga merupakan langkah yang baik.

Efek Samping: Iritasi di Sekitar Mata
Retinoid tidak boleh digunakan di kelopak mata namun dapat digunakan di area di bawah mata. Namun perlu diperhatikan juga area ini adalah area yang lebih sensitif dan lebih tipis dibanding area kulit lain di wajah. Apabila kulit kita lebih sensitif dibanding orang lain sebaiknya area ini dihindari. Aku sendiri menghindari penggunaan retinoid di bagian ini.

Solusi:
Bagi yang memiliki area mata yang sangat sensitif, area ini dapat dilindungi terlebih dahulu dengan menggunakan krim mata atau petroleum jelly. Penggunaan retinoid di sekitar mata dapat membuat kerutan terlihat lebih jelas sebelum mengurangi kerutan tersebut. Pastikan untuk menggunakan retinoid secara perlahan-lahan, istirahatkan kulit terlebih dahulu jika iritasi dirasakan sangat mengganggu, dan jaga kulit agar selalu lembab.

Efek Samping: Breakout dan Purging
Breakout dan purging juga merupakan efek samping yang umum dari retinoid. Purging biasanya muncul dalam bentuk kondisi jerawat pada kulit yang lebih parah daripada yang sudah ada. Misalnya apabila ada pori-pori tersumbat nantinya bisa tumbuh menjadi jerawat. Bila di wajah ada komedo kecil-kecil nantinya bisa tumbuh menjadi semakin besar. Jerawat yang tadinya kecil nantinya menjadi semakin besar.

Perlu diperhatikan juga antara reaksi purging dan reaksi alergi (misalnya berupa kumpulan jerawat kecil dan merah di kulit). Apabila terjadi reaksi alergi sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kulit sehubungan dengan kelanjutan perawatan atau penghentian perawatan untuk diganti dengan produk lain.

Solusi:
Bagi yang menggunakan retinoid yang diresepkan oleh dokter biasanya dibarengi dengan antibiotik untuk meminimalisir munculnya breakout atau purging. Gunakan retinoid secara lembut dan perlahan-lahan dan sebaiknya pilih produk wajah yang non-comedogenic.

Efek Samping: Sensitifitas Terhadap Matahari
Retinoid meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar matahari dan membuat kulit lebih rentan terhadap bahaya sinar UV. Meskipun retinoid dapat membantu memperbaiki kerusakan sinar matahari, apabila kulit tidak dilindungi dari matahari selama penggunaan retinoid justru akan semakin memperparah kerusakan dari sinar matahari.

Solusi:
Saat menggunakan retinoid sebaiknya hindari terkena matahari. Baik saat di luar ruangan maupun di dalam ruangan (sinar UV juga bisa masuk ke dalam ruangan melalui jendela) selalu pastikan untuk menggunakan sunscreen/sunblock.Jangan lupa menambahkan proteksi tambahan dari sinar UV ekstra seperti topi, sunglasses dan payung.

Penggunaan Retinoid dengan Produk Lain
Selama penggunaan retinoid sebaik produk lain yang dapat mengelupas sel-sel kulit mati dihindari. Eksfoliasi secara manual atau kimiawi dapat membuat kulit semakin sensitif dan iritasi karena retinoid sendiri sudah mampu mengeksfoliasi kulit. Namun apabila dirasa retinoid kurang kuat untuk kulit dapat dikombinasi dengan penggunaan AHA atau BHA supaya kulit lebih tereksfoliasi.

Sekali lagi perlu diperhatikan juga kondisi kulit masing-masing karena kulit memiliki jenis yang berbeda-beda.

Retinoid saat Hamil
Yang terakhir adalah retinoid jangan digunakan bagi wanita yang sedang hamil, menyusui atau merencanakan kehamilan. Seperti produk perawatan kulit yang lain, retinoid diserap ke dalam tubuh melalui kulit. Meskipun belum ada bukti yang konkrit mengenai efek retinoid terhadap perkembangan bayi dan janin, namun lebih baik menempuh jalan yang lebih aman dan tidak menggunakannya sama sekali. It's better to be safe than sorry.

Thank's for coming by... http://www.emocutez.com 
Comments R' Loved...http://www.emocutez.com 
Follow me If U Like... http://www.emocutez.com 
Hugs N' Kisses!! http://www.emocutez.com

4 comments:

  1. cihuuuy, akhirnya sudah part 3

    ReplyDelete
  2. Yup... Akhirnya kelar postnya... Lain kali bikin soal apa ya??

    ReplyDelete
  3. Sangat informatif..... Nice share han :)
    Im follow u now ;)

    ReplyDelete

Share your thoughts and comments...
I won't bite ^^